Apa bedanya Keyboard Teknologi Lama dengan Keyboard Teknologi Terbaru ?


Apa sih Keyboard itu ?
 
Keyboard atau benda yang biasa disebut papan ketik ini adalah perangkat untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.



Seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun, teknologi keyboard ini menjadi semakin canggih saja. Beberapa hari yang lalu, saya sudah melakukan survey ke salah satu tempat pusat elektronik, dan kebanyakan  toko-toko di sana itu menjual perangkat – perangkat komputer. Dan saya menanyakan dari satu toko ke toko yang lain tentang ‘apa sih sebenarnya teknologi keyboard yang paling canggih tahun ini ?’ setelah saya tahu banyak jawabannya, maka saya segera membandingkannya dengan teknologi keyboard yang masih berteknologi lama.



Mau tau perbedaannya ? so check this out ! :)


  •       Keyboard Teknologi Lama
1.      PC Qwerty Keyboard standart
  •  Memakai kabel
  •  Fungsinya seperti fungsi keyboard standart lainnya
  •  Tidak ada spesifikasi special lainnya 
  •       Keyboard Teknologi Baru
1.      Keyboard Anti Air Wetkeys EK-97-TP

  • Keyboard anti air
  • Sudah terintegrasi dengan touchpad, seperti keyboard pada laptop
  • Tidak perlu menggunakan mouse lagi, karena di keyboard ini sudah tersedia
  • Keyboard ini terhubung dengan kabel USB dan bisa dipastikan bahwa keyboard ini kompatibel dengan sistem operasi Windows maupun Linux

2.      Keyboard Wireless Eclipse LiteTouch

§  Jenis LiteTouch keyboard nirkabel
§  Keyboard ini dilengkapi dengan sebuah LCD 3-in-1 Media Panel sentuh yang sensitif di sisi kanan yang dapat diatur ke mode MyEclipse untuk tombol yang disesuaikan, modus angka pad dan modus media dengan multimedia shorcut.
§  Keyboard ini memiliki itur kunci gunting quiettouch low-profile dengan Trueview backlit.
§  Menggunakan teknologi nirkabel 2.4GHz, jadi keyboard ini dapat digunakan hingga jarak 10 meter dari jangkauan.

3.      Virtual Laser Keyboard

  •  Keyboard ini dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa.
  • Keyboard ini dibuat hanya melalui cahaya yang muncul. Cahaya yang dimunculkan hanya perlu diproyeksikan pada semua permukaan datar.
  • Menggunakan sensor infra merah untuk menghubungkan keyboard ini dengan komputer.
  • Selain disambungkan ke komputer, keyboard virtual ini bisa disambungkan dan digunakan melalui PDA, saluran telepon, laptop, pc tablet, pelengkap peralatan di luar angkasa, untuk daerah industri, dalam kendaraan, baik udara, air, maupun darat.
  • Produk ini lebih strelit dibandingkan keyboard biasa.
  • Cara kerja keyboard virtual :
o   Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
o   Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
o   Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
o   Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
o   Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
o   Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
o   Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.
o   Sumber : KapanLagi.com

4.      Optimus Maximus Keyboard

  • Sebagai ganti tombol yang biasa, keyboard ini menggunakan tombol yang bisa menampilkan gambar, berkat penggunaan 48x48 pixel OLED di setiap tombolnya.
  • Setiap tombol yang ada di keyboard ini bisa menampilkan gambar berbeda, yang bisa kita atur konfigurasinya melalui program khusus, Optimus Configurator, dan settingan tersebut akan disimpan ke dalam memory card berkat adanya SD Card Slot di keyboard ini.
  • Keunikan keyboard ini adalah jika kita menekan tombol Caps Lock, maka keyboard akan menampilkan masing-masing huruf menjadi sebuah huruf kapital. Bukan hanya itu Selama ini kita memakai keyboard dengan aturan QWERTY. Dengan mengubah settingan ke aturan lain, akan menyebabkan tampilan keyboard menjadi tidak QWERTY lagi. Atau mungkin Anda ingin meletakkan gambar wajah istri, pacar, atau orang kesayangan Anda di salah satu tombolnya? Bisa saja! Kita juga bisa memasukkan format video ke dalamnya ( misal format AVI 10fps, looping ). Jika kita ingin memasukkan shortcut untuk menjalankan sebuah program ( misal salah satu tombol disetting dengan icon Firefox ), keyboard ini bisa melakukannya.
  • Keyboard ini mengintegrasikan sebuah LED (Light Emitting Diode) di setiap 114 tombol keyboard, LED merupakan perangkat semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan yang lebih tinggi. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai.
  • Optimus Maximus ini juga dapat mengubah-ubah fungsi dalam tubuhnya seperti pada tokoh film Transformers.

0 komentar:

Posting Komentar